Cerita Perjalanan yang menginspirasi karya anak bangsa. Diberdayakan oleh Blogger.
 

Google Search

PROFILKU

Foto saya
twitter : @dennywahyuw facebook: denny wahyu email : denywahyuwibowo@gmail.com

Selasa, 17 Januari 2012

FORKOM JOGJA menggila di Jambore Fotografi

2 komentar
   Jambore fotografi adalah ajang dimana parapenikmat fotografi berkumpul di suatu tempat yang sama. Jambore fotografi ini lebih kepada mahasiswa yang tergabung dalam komunitas fotografi yang berada di kampus atau universitas.Jambore kali ini sudah menginjak jambore yang ke – 4 atau sudah berlangsung sebanyak 4 kali, jambore diadakan setahun sekali.Jambore fotografi pertama berada di kota Yogyakarta, kedua di kota Bandung, ketiga di kota Malang, keempat di kota Surabaya, dan rencara jambore kelima berada di pulau Lombok. Dengan mengambil tema “Kearifan Budaya Lokal” jambore ke-4 kali ini berlangsung di kota Surabaya di kampus UPN Surabaya dari tanggal 29 – 31 Desember 2011. Inti dari jambore fotografi lebih kepada eksistensi dan kekeluargaan, makainilah moment yang di tunggu – tunggu oleh semua mahasiswa penikmat fotografi se-indonesia dapat bertemu teman – teman dari lain daerah.Dari semua komunitas yang hadir dalam perhelatan akbar ini kampus UPN Surabaya menampung kurang lebih 300 orang yang terdiri dari beberapa daerah di indonesia seperti Forkom Jogja (Yogyakarta), Panorama (Jakarta), Chips (Surabaya), Forkom Malang (Malang), FFC uns (Solo), Prisma (Semarang), Ecolens (Purwokerto), FFK (Bandung), Rumah Fotografi (Makasar), TIF (Madura), ZOOM (Lampung), FOKUS ( Lombok), Jember, Gresik, dan Kediri. 

     Selain dari eksistensi dan kekeluargaan yang menjadi inti jambore itu sendiri, panitia jambore (CHIPS Surabaya) juga memberikan seminar fotografi bagi peserta jambore. Seminar yang di berikan juga menarik karena pematerinya memang orang – orang yang menguasai di bidangnya seperti mas Erick “ireng” dari antara surabaya, mas Mamuk Ismuntoro dari “matanesia”, mas Freddy H. Istanto, dan mas Muhammad Chottob W dari “De Maya”. Selain seminar panitia juga memberikan sesi sharing fotografi dari teman – teman peserta jambore se-indonesia untuk “pamer” kearifan budaya di daerah mereka yang membuat jambore semakin berwarna karena secara tidak langsung membawa peserta menikmati keindahan Indonesia lewat fotografi. Acara berikutnya panitia menggiring peserta ke THR ( Taman Hiburan Rakyat ), disana peserta disuguhkan kesenian Ludruk jawatimur yang merupakan kearifan budaya lokal kota surabaya. Pada hari berikutnya 31 Desember 2011 pukul 15.00 peserta di ajak panitia untuk mengabadikan kota surabaya lewat acara “hunting bareng” yang bertempat di kawasan jembatan merah, Kya – Kya, Pasar Pabean, Jl. Gula, dan Tugu Pahlawan. Namun sayang cuaca kurang bersahabat dengan perhelatan akbar ini, hujan mengguyur deras di kota surabaya hingga petang menjelang. Hujan boleh saja mengguyur surabaya namun hingar bingar jambore tidak habis karena hujan. Malam harinya di auditorium UPN Surabaya keceriaan bertambah, malam keakraban yang bertujuan mengakrab seluruh peserta jamborebertepatan dengan malam pergantian tahun. Dengan menampilkan kreatifitas masing masing daerah, Yogyakarta memulai “kegilaannya” dengan melipsing lagu hip hop dari LJB (Lajel Boy) yang membuat kegilaan sekaligus keceriaan. Acara berlanjut diawali Jogja kota kota lain pun terpancing menampilakan kreatifitas mereka bandung, lombok, makasar, jakarta dll. Tawa cada bertabur hingga membawa peserta menuju awal tahun di tahun 2012 “ HAPPY NEW YEAR”, pesta kembang api pun menjadi acara puncak malam pergantian tahun.

       Tak terasa jambore sudah berlangsung selama tiga hari yang berarti saatnya penutupan acara. Malam pergantian tahun menjadi “perpisahan” yang indah sekaligus tahun untuk merajut kembali silaturahmi di jambore berikutnya. Dimulai dari teman – teman Panorama (Jakarta) disusul teman – teman yang lain meninggalkan kota Surabaya bukan berarti keceriaan menghilang namun ada satu harapan yang tersirat bahwa 

Perpisahan ini bukan untuk selamanya kawan, perpisahan ini adalah awal pertemuan kembali di jambore 2012 LOMBOK”.



 



suasana di "penginapan"


kang mas hermawan handaka "pendek"
forkom bersatu

rony dan MC

forkom "nyantai"




di jembatan merah








forkom jogja vs ffk bandung







Foto keluarga

2 komentar:

twitter

Pengikut

About